“Carilah ilmu walau sampai ke negeri China” rasa-rasanya pepatah tersebut masih sangat relevan untuk memotivasi anak-anak zaman sekarang. Kesadaran akan pendidikan semakin hari semakin tinggi. Bukan hanya anak-anak, para orang tua juga memiliki semangat yang sama tingginya terhadap pendidikan. Kini semua orang tersadar bahwa pendidikan memang penting. Tanpa bekal ilmu yang didapat dari pendidikan maka orang tersebut semakin tertinggal dan tidak bisa bersaing dengan orang lain.

Salah satu yang menjadi bukti bahwa kesadaran akan pendidikan sudah sangat tinggi yaitu, banyaknya anak-anak yang akhirnya memutuskan untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Belajar di luar negeri kini menjadi impian bagi setiap anak, terutama mereka yang tengah mengenyam pendidikan dibangku kuliah. Hampir semua mahasiswa, jika ditanya akan melanjutkan studi S2 dimana, sebagian besar akan menjawab ingin melanjutkan studi S2 ke luar negeri. Semangat belajar ini yang tentunya menjadi budaya yang baik di masyarakat kita. Namun, belajar keluar negeri juga bukan hal yang mudah, terutama jika terkendala masalah biaya. Berikut akan diulas sedikit mengenai seluk beluk belajar diluar negeri.

Apa Itu Belajar Di Luar Negeri?

Pertanyaan tersebut sebenarnya bukanlah pertanyaan yang sulit. Semua orang sudah mengetahui jawabannya. Belajar diluar negeri berarti kita pergi ke negara lain, lalu menimba ilmu disana, baik karena kuliah atau sekolah. Namun ternyata belajar di luar negeri tidak semua dilakukan dalam waktu yang lama, kita dapat merasakan belajar di luar negeri hanya dalam hitungan bulan. Program tersebut biasanya dikenal dengan sebutan study exchange. Study exchange merupakan program belajar di dua negara. Biasanya untuk beberapa perguruan tinggi melakukan kerja sama dengan universitas diluar negeri lalu mengadakan program pertukaran pelajar. Program ini biasanya dilaksanakan sekitar satu semester atau enam bulan, namun ada pula yang melaksanakan program ini lebih dari satu semester. Jadi, belajar diluar negeri tidak harus menunggu lulus dan melanjutkan studi ke luar negeri, namun dapat dilakukan saat masih berstatus sebagai mahasiswa disalah satu perguruan tinggi di dalam negeri.

Persiapan Studi Di Luar Negeri

Ketika sudah mengetahui definisi dari belajar di luar negeri, pertanyaan berikutnya yaitu apa saja yang harus diperhatikan atau dipersiapkan sebelum belajar atau studi di luar negeri? Berikut sedikit ulasannya:

  1. Persiapkan kemampuan berbahasa asing

Bahasa merupakan hal yang sangat penting untuk dipersiapkan sebelum memutuskan untuk belajar diluar negeri. Sebagai makhluk sosial berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Kemampuan bahasa asing harus dipersiapkan dengan matang sebelum berangkat ke luar negeri untuk melanjutkan studi. Selain untuk komunikasi, kemampuan bahasa asing juga menjadi persyaratan masuk di semua universitas.

Setiap negara atau universitas biasanya memiliki syarat khusus berapa nilai yang harus dipenuhi untuk dinyatakan bahwa kemampuan bahasa asingnya mumpuni. Bahasa yang perlu disiapkan paling utama adalah bahasa inggris. Namun, jika ingin belajar ke negara yang menggunakan bahasa sehari-hari bukan bahasa inggris seperti China, Jepang, Korea, Jerman dan berbagai negara lainnya, kemampuan berbahasa sesuai dengan bahasa di negara tersebut menjadi penting pula untuk dipersiapkan.

  1. Mencari informasi

Informasi menjadi hal penting berikutnya yang harus diperhatikan sebelum studi ke luar negeri. Informasi yang perlu dicari terdapat berbagai macam, misalnya informasi kapan pembukaan pendaftaran mahasiswa baru di universitas tujuan, informasi beasiswa bagi yang ingin belajar keluar negeri melalui jalur beasiswa, informasi biaya hidup, informasi kebudayaan atau kebiasaan  dari negara yang akan dituju, dan informasi-informasi lainnya. Informasi dapat diperoleh dari website atau langsung bertanya pada agen-agen yang biasa mengurus urusan studi di luar negeri.

  1. Melengkapi administrasi

Setiap negara pasti memiliki peraturan terkait transmigrasi yang harus ditaati. Oleh sebab itu kelengkapan administrasi perlu untuk dipersiapkan sebelum pergi keluar negeri. Administrasi yang perlu dipersiapkan jauh-jauh hari yaitu seperti paspor dan visa. Dua hal ini perlu dipersiapkan jauh-jauh hari karena biasanya sulit bagi negara untuk mengeluarkan ijin pembuatan paspor atau visa jika tujuannya tidak jelas. Maka dari itu, untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan pembuatan paspor dan visa perlu dilakukan jauh-jauh hari.

Selain administrasi kenegaraan yang perlu diperhatikan, administrasi yang berhubungan dengan biaya kuliah maupun sewa tempat tinggal juga perlu dipersiapkan. Untuk yang tidak menggunakan beasiswa, biaya kuliah menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Biaya kuliah harus dihitung dan dirancang dengan apik dan akurat agar ketika hendak melakukan administrasi tidak terkendala. Biaya sewa tempat tinggal juga perlu diperhatikan, biasanya biasanya sewa tergantung pada dimana tempat tinggalnya, jika di asrama maka biaya sewanya cenderung lebih murah dibandingkan dengan di apartemen.

  1. Menyiapkan mental

Hal ini menjadi yang paling utama untuk dipersiapkan. Sering kali kegagalan menghampiri karena mental yang tidak siap. Terutama bagi mereka yang tidak terbiasa hidup mandiri, tinggal jauh dari orang tua menjadi hal sangat sulit dilakukan. Terlebih hidup diluar negeri berkali-kali lebih sulit dibandingkan dengan di dalam negeri, maka dari itu perlu persiapan mental yang kuat agar tidak mudah menyerah ketika menghadapi kesulitan sorang diri di negeri orang.

Belajar di dalam maupun luar negeri sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tempat belajar sebenarnya tidak menjadi satu-satunya faktor yang menentukan kesuksesan. Keuletan dan kesungguhan dalam menuntut ilmulah yang akan menentukan seberapa siap kita bersaing di dunia kerja. Ketika serius dan fokus dalam menuntut ilmu maka, kita akan jauh lebih siap dalam menghadapi persaingan yang ada. Kunci keberhasilan dari menuntut ilmu yaitu ulet, serius, dan tetap fokus bukan tempat dimana kita belajar.

Share